Ridel, Richard, dan Emas Pertama e-Sport untuk Indonesia Featured

Ridel, Richard, dan Emas Pertama e-Sport untuk Indonesia IESPA

Kepala Ridel menunduk dalam. Sesekali tatapan matanya kosong. Ridel saat itu sedang nanar. Atlet e-sport berusia 16 tahun asal Manado tersebut sedang dalam kondisi kritis.

Bukan secara fisik, namun mental.

Dalam perebutan medali Emas Asian Games Clash Royale yang lalu, Ridel hanya butuh 1 kali menang dari 2 kali best of 5. Di set pertama, Ridel kalah straight 3-0.

Pada jeda sebelum masuk set ke-2, bisik-bisik mulai menyeruak diantara pendukung Indonesia di section bawah, "Ridel kalah mental..."

Namun pendulum nasib ternyata belum berhenti...

Garis pemisah takdir seringkali hanya setipis beberapa kalimat motivasi. Dan garis itu sedang coba digeser oleh seseorang untuk menyelamatkan atlet yang mentalnya sedang hancur.

Adalah Richard Permana, pria dandy dengan baju biru tua, celana gelap, dan gaya rambut kekinian yang merangsek memaksa masuk ke dalam arena. Sempat adu argumen dengan panitia karena bukan coach resmi, Richard kemudian diijinkan untuk menemui Ridel.

Richard Permana sendiri bukanlah orang sembarangan. Ia adalah pengurus dan salah satu pendiri IESPA (Indonesia e-Sports Association).

Richard juga merupakan pendiri sekaligus CEO dari TEAMnxl>, salah satu tim e-sport tertua dan disegani di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2005.

Richard tahu betul apa yang harus dia lakukan untuk Ridel. Saat di panggung, Richard merasakan tangan lemas dan pandangan kosong Ridel kosong.

Lalu sejurus kemudian, kalimat-kalimat dari langit muncul dari mulut Richard...

"Kamu ga kenal aku, aku cuma mau bilang, dari puluhan juta gamers di Indonesia, kamu yang ada di panggung ini. Mereka ga kenal kamu siapa, tapi setelah ini semua akan kenal kamu. Coba kamu liat Garuda dan bendera Merah Putih di dada kamu (sambil nunjuk). Yang barusan itu bukan kalah, kamu lagi belajar. Setelah ini belajarnya udah selesai, kamu hajar dia, kamu bantai dia 3-0"

Setelah menepuk-nepuk pipi Ridel, Richard kemudian turun dari panggung. Dan cerita selanjutnya adalah sejarah...

Indonesia berhasil meraih medali emas pertama di cabor e-sport pada games Clash Royale di Britama Arena Jakarta, Senin, 27 Agustus 2018.

Ridel Yesaya Sumarandak, siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tondano memenangkan medali tertinggi mengungguli China yang mendapat medali perak dan Vietnam yang mendapatkan medali perunggu.

Anak semata wayang dari Syamas Mecky Sumarandak dan Stella Moleong yang dikenal dengan nickname BenZerRidel itu sukses menghempaskan wakil dari China, Huang Chenghui (nickname Lciop) dengan skor telak 3-0.

Tak hanya itu, Ridel Sumarandak juga mencatat rekor sebagai peraih medali emas termuda di Asian Games 2018.

Padahal, ini adalah pengalaman pertama Ridel mewakili Indonesia dalam kompetisi besar sekelas Asian Game.

Dalam laman Facebooknya, Richard 'sang motivator' memuji Ridel setinggi langit.

"(Ridel adalah) juara sejati, real champion, super humble, layak jadi panutan seluruh gamer Indonesia. Tutur kata, sikap, attitude, hasil, prestasi, profesional. Our hero in 2018 Asian Games Esports, Ridel Yesaya Sumarandak," Tulisnya.

Well..seperti kata Leonardo da Vinci, "Art is never finished... Selamat Ridel!

 

Foto-foto dan sumber artikel: Facebook IESPA

 

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 30 August 2018 23:55
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Instagram Perkenalkan 3 Fitur Baru untuk Keamanan dan Autentifikasi, apa saja? simak di sini https://t.co/nZh3lPphbZ https://t.co/LdML0AanwA
Jelang Peluncuran V11 Pro, Vivo Kembali Gandeng Agnez Mo, silakan baca di https://t.co/WX4dXa0NJv https://t.co/5QPA0WnQ8F
Huawei Y9 2018 Usung 4 Kamera, Mulai Dijual 3 September https://t.co/vQzLmanMoN
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Snapdragon Guide: Memilih Smartphone Berdasar Karakter Chipset