Asus ROG Phone: Desain Radikal, Performa Gahar, Banyak Asesoris Canggih Featured

Selama ini, vendor seakan 'malu-malu' untuk mengeluarkan smartphone yang memang khusus untuk para gamers. Rata-rata mereka hanya menawarkan smartphone biasa dengan kapabilitas (kemampuan) gaming.

Sebut saja salah satunya Asus Zenfone Max Pro M1 yang dilabeli kemampuan 'limitless gaming,' namun tak secara benderang menyebutnya sebagai gaming phone.

Namun seiring dengan semakin terbentuknya ekosistem mobile gaming seperti munculnya para pemain profesional, game mobile yang makin variatif, serta kompetisi yang semakin masif, mau tak mau para pemilik perangkat juga harus memikirkan smartphone dengan spesifikasi khusus gaming. Tak hanya menebalkan kemampuan hardware, namun desain yang agresif, refresh rate layar, serta manajeman panas yang baik menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah smartphone gaming.

Di awal tahun ini beberapa vendor sudah mulai memberanikan diri mengeluarkan smartphone khusus untuk para gamers. Tercatat vendor-vendor seperti Razer, Nubia, Xiaomi, dan terakhir Asus mulai memajang smartphone-smartphone dengan karekter trengginas tersebut. Sebagian sudah bisa ditemui di pasar, sementara satu lagi masih menunggu jadwal rilis.

ROG Phone

Baru diumumkan di ajang Computex beberapa hari lalu, ROG Phone langsung mencuri perhatian dengan desain agresif dan DNA Republic of Gamers yang sudah dipunya Asus sebagai bagian dari lini laptop gaming mereka.

ROG Phone sekaligus merupakan smartphone kedua yang mengusung refresh rate 90Hz setelah Razer. Artinya, layar ROG akan berkedip 90 kali tiap detik. Untuk mempertebal kepercayaan diri para gamer, tiap ROG phone dibekali dengan chipset Qualcomm Snadpragon 845 khusus dengan clock speed 2,96GHz yang merupakan yang prosesor terkencang saat ini. Perlu diketahui, standar kecepatan clock Snapdragon 845 adalah 2,8GHz, namun Asus melakukan tweaking hingga kecepatannya bertambah.

Dengan tenaga Snapdragon 845 yang dioptimasi secara khusus, soal kecepatan bukan lagi hal yang perlu diperdebatkan, bahkan jika dibandingkan dengan Snapdragon 845 versi reguler. Untuk mengimbangi performa gaharnya, ROG dilengkapi dengan pendingin vapor dan asesoris attached fan.

Desain ROG phone memang terbilang radikal dengan garis-garis tajam yang tak biasa ada di smartphone biasa. Namun jika sudah mengenal lini laptop ROG milik Asus, tampak bahwa desainnya memang mengambil DNA milik seri laptop gaming tersebut. Dukungan RAM 8 GB dengan ruang penyimpanan maksimal 512GB membuat Kami harus mentasbihkan ROG Phone sebagai smartphone dengan spesifikasi terbaik saat ini.

Nah, untuk memaksimalkan kemampuan ROG Phone tersebut, Asus melengkapinya dengan fitur "X Mode" yang dapat diaktifkan dengan mekanisme squeeze (meremas) bagian samping smartphone. Cara ini sebelumnya sudah dipakai di smartphone HTC dengan julukan HTC Edge Sense System.

Sekali Anda 'meremas', maka antarmuka ROG phone akan berubah dari nuansa biru menjadi merah gahar. Dengan memasuki mode ini, secara otomatis melakukan optimasi performa gaming dengan cara mematikan background process yang tak perlu dan memprioritaskan alokasi RAM dan
data transfer untuk gaming. Mode X juga akan mengaktifkan AeroActive Cooler, asesoris pendingin tambahan.

Mirip dengan fasilitas yang ada di mouse-mouse gaming, Asus menyertakan AirTrigger, semacam spot di bahu smartphone, mirip tombol R1 dan L1 yang biasa ada game controller. Dua titik tersebut dapat diprogram sehingga menmgurangi interaksi dengan layar saat bermain game.

Asesoris

Asesoris merupakan bagian penting dari ROG phone. Gamepad klasik yang berisi sepasang stik analog, kemudian ada tombol fisik di bagian bahu, kemudian beberapa topmbol gaming yang tersebar d sisi kiri dan kanan.

Asesoris kedua adalah clamshell case dengan layar yang akan mengubah ROG phone menjadi perangkat dengan layar ganda. Asus menyebutnya TwinView dock. Penampakannya cukup besar dengan bekal baterai 6000mAh di dalamnya. Layar yang ada di TwinView ini identik dengan layar yang ada di ROG phone dengan bentang 6 inci 1080p. deck ini juga dilengkapi dengan tombol bahu, penyangga belakang, empat speaker menghadap depan, dan pendingin tambahan.

Ide yang ingin diusung Asus dnegan kontroler ini adalah layar ROG phone dipakai untuk bermain game, sedangkan layar kedua yang ada di deck bisa dimanfaatkan untuk melakukan chat selama permainan.

Asesoris ketiga adalah sebuah dock dengan banyak koneksi di bagian belakangnya. Dock ini memungkinkan ROG phone untuk 'berubah' wujud menjadi sebuah PC yang dapat dihubungkan dengan monitor, keyboard, dan mouse. ROG phone diletakkan secara horisontal dan tersambung ke dock melalui port khusus di bagian samping ROG (jika diputar secara landscape).

Asesoris terakhir yang disertakan adalah tambahan ekstra port, berupa sebuah sabuk di bagian belakang punggung ROG phone dnegan port USB type C. Asesoris ini sangat berguna jika Anda tetap ingin bermain game dalam posisi landscape, namun tetap ingin mencharge hp tanpa harus terganggu kabel dari samping.

belum ada pengumuman resmi tentang ketersediaan dan Asus ROG phone dan juga asesoris-asesorisnya. Yang pasti, konsep radikal ROG phone ini layak dinanti debutnya.

  • Spesifikasi Asus ROG Phone
  • Processor speed-binned 2.96GHz Qualcomm Snapdragon 845
  • GPU Qualcomm Adreno 630
  • Display 6-inci, rasio aspek 18:9 (2160 x 1080) OLED panel dengan refresh rate 90Hzdan and 1ms pixel response time; dukungan HDR dan 108.6 persen DCI-P3 color gamut coverage
  • Dimensi 158.8mm x 76.2mm x 8.6mm
  • Berat 200g
  • Baterai 4,000mAh
  • RAM 8GB
  • Storage 128GB atau 512GB
  • Wireless: 802.11ad Wi-Fi and Bluetooth 5
  • Jack Headphone
  • Audio: speaker Dual front-facing stereo, 24-bit/192kHz DAC; DTS Headphone:X 7.1-channel virtual surround sound; suport AptX

 

Sumber artikel dan foto-foto: The Verge

 

 

 

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 06 June 2018 10:03
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

https://t.co/Hm6N1tBtff sepakat bergabung dengan tiktok https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/KbHg1G8k2J
Ingat Snake? Yoi, game yang dulunya hadir di Nokia tersebut kini bisa dimainkan via Facebook! Check this… https://t.co/Or0HxJEsfN
Aplikasi https://t.co/Hm6N1tBtff dan TikTok Resmi Bergabung, selengkapnya di https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/l9HoJhX0kg
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Foto Foto Terbaru dan Paling Detil dari OPPO F5