Petrichor, Asal Mula Bau Khas yang Anda Cium Saat Hujan Turun

Video slow motion ini memperlihatkan sebuah gerakan lambat partikel yang dilepaskan ke udara saat titik-titik hujan menyentuh tanah. Anda mungkin sering

merasakan bau yang khas dan bersahaja yang timbul setelah hujan.Bau yang sering Anda cium saat hujan berasal disebut Petrichor. Kata ini diciptakan oleh para ilmuwan pada tahun 1960. Bau itu sendiri merupakan campuran berbagai senyawa. Salah satu senyawanya disebut geosmin yang dilepaskan oleh bakteri dalam tanah (juga ditemukan pada tanaman bit), Bau itulah yang tercium sebagai bau khas tanah. Bau lainnya berasal dari materi tumbuhan atau hewan yang telah terakumulasi dalam tanah.

BBC / Via itsokaytobesmart.com

Ketika hujan menyentuh tanah, senyawa ini dilepaskan ke udara.

Para ilmuwan jaman dahulu hanya mengetahui bahwa senyawa tersebut dibebaskan dari tanah, namun tidak mengetahui detil mekanisme pelepasannya. Tapi kini, para ilmuwan dari MIT telah membuat sebuah video berkecepatan tinggi yang menjelaskan hal tersebut.

Ketika hujan menghunjam permukaan tanah yang berpori, ia memerangkap gelembung udara kecil yang kemudian dilepas ke udara sebagai aerosol.

Aerosol adalah partikel tersuspensi dalam gas, seperti gas yang keluar dari kaleng semprot. Anda dapat melihat detilnya di video ini.

Cullen Buie dan Youngsoo Joung melakukan 600 percobaan pada 28 permukaan yang berbeda. Jika mereka tahu kecepatan jatuhnya hujan serta jenis permukaan tanah, mereka bisa memprediksi berapa banyak partikel akan dibebaskan. Mereka juga menemukan fakta bahwa hujan ringan dan sedang akan melepaskan lebih banyak aerosol daripada hujan yang lebat.

Mengenai istilah Petrichor yang diciptakan oleh ilmuwan tahun 60'an, Buie mengatakan dalam sebuah siaran pers:

Mereka berbicara tentang minyak yang dipancarkan oleh tanaman dan bahan kimia tertentu dari bakteri yang membuat bau yang Anda cium yang didapatkan setelah hujan yang turun selepas musim kering yang panjang. Menariknya, mereka tidak membahas mekanisme bagaimana bau itu masuk ke udara.

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Sunday, 17 September 2017 21:36

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

https://t.co/Hm6N1tBtff sepakat bergabung dengan tiktok https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/KbHg1G8k2J
Ingat Snake? Yoi, game yang dulunya hadir di Nokia tersebut kini bisa dimainkan via Facebook! Check this… https://t.co/Or0HxJEsfN
Aplikasi https://t.co/Hm6N1tBtff dan TikTok Resmi Bergabung, selengkapnya di https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/l9HoJhX0kg
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Foto Foto Terbaru dan Paling Detil dari OPPO F5