Ponsel Selfie Bukanlah Ranah Xiaomi

Pasar ponsel selfie bukanlah ranah yang fasih dieja oleh Xiaomi. Jika menyebut kata selfie, yang ada di benak konsumen adalah merek-merek seperti OPPO dan Vivo, dan mungkin juga Samsung.

"Kami memimpin pasar dengan ponsel selfie itu. Kenyataannya market share tinggi, berarti orang butuh," Ujar Aryo Medianto PR Manager OPPO Indonesia kepada media detikcom

Pemain seperti OPPO dan vivo bisa dibilang sangat serius menggarap market selfie ini

Dikutip dari Tirto.id keduanya melakukan jor-joran pemasaran dengan melakukan strategi hilir berupa penempatan promotor maupun materi-materi iklan yang dipajang di toko ponsel. Di bagian hulu, dua-duanya getol menggelontorkan uang untuk mempromosikan brand mereka melalui pelbagai saluran. Vivo misalnya, bertindak sebagai sponsor resmi Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia.

Kerja keras mereka diganjar dengan angka penjualan dan market share yang lumayan. Menurut data IDC 2017, OPPO menempati peringkat kedua dalam hal penjualan smartphone di Indonesia dengan market share 22,9%. Tentu saja, sebagian besar penjualan OPPO ditopang oleh smartphone selfie andalan mereka seperti OPPO F3, F5, dan F7

vivo yang baru beberapa tahun masuk ke Indonesia juga kebagian mengecap manisnya penjualan ponsel selfie dengan menduduki peringkat 5 dengan market share 6 persen. Menurut Tempo, Produk selfie andalannya, vivo v9 diklaim mmencatat rekor pemesanan secara online. Pada pre-order per 29 Maret 2018, V9 menjadi nomor 1 Selling Smartphone (kategori harga Rp 3-4 juta) di hampir seluruh e-commerce partner dan penjualan offline perdana atau Super Selling Day seluruh Indonesia per 5 April 2018. 

Xiaomi Redmi S2, Menjajal Segmen Baru

Pasar selfie nan seksi tersebut tak urung membuat vendor lain kepincut.

Di awal 2018 ini, Samsung mulai menekan OPPO dan vivo melalui Galaxy A8 dan A8+. Keduanya memilki kamera selfie ganda 16 MP dan 8 MP dengan mengusung desain premium.

Xiaomi pun mulai menuruti arah angin. Selasa lalu (22/5), mereka resmi meluncurkan Xiaomi Redmi S2 yang menyasar segmen yang selama ini didominasi oleh OPPO dan vivo. Berbekal kamera selfie 16MP dengan aperture 2.0, Redmi S2 diklaim memiliki fitur kecerdasan buatan seperti AS Low-Light Selfie, AI Beautify, dan AI Potrait selfie. 

"(Huruf) S merupakan singkatan dari Selfie, sehingga Redmi S2 dikhususkan kepada mereka yang suka selfie," Kata Steven Shi, head of Xiaomi Indonesia Country Manager di sela-sela peluncuran S2 Selasa kemarin (23/5).

Jeroannya sendiri dibekali dengan chipset Snapdragon 625 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Chipset ini terbilang chipset lama karena sudah diluncurkan sejak awal tahun 2016 lalu dan kehadirannya mulai tergantikan dengan kehadiran chipset yang lebih baru seperti seri 630, 636, 652, 653, dan 660.

Pabrikan asal Cina tersebut sejatinya lebih dikenal memburu segmen "well connected people" dan "budget-technical oriented people". Istilah pertama mengacu pada orang-orang yang terkoneksi dan beradaptasi dengan baik di dunia maya. Sedangkan yang kedua merujuk pada mereka yang concern terhadap perbandingan spesifikasi teknis dan harga.

Hal ini tercermin dari produk-produk yang mereka luncurkan selama kuartal pertama 2018. Sebut saja Xiaomi Redmi 5, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, dan Redmi 5A. Semuanya dikampanyekan sebagai ponsel dengan spesifikasi teknis mumpuni namun dengan harga terjangkau. Tidak ada embel-embel kemampuan selfie yang ditonjolkan, hingga kemudian muncul Redmi S2.

Lini permanen atau sekedar produk pengganggu?

Seri Redmi S ini merupakan lini produk terbaru dari Xiaomi. Entah kenapa Xiaomi langsung menamainya dengan Redmi S2, padahal sebelumnya tidak ada produk dengan nama Xiaomi Redmi S.

Masuk ke pasar selfie adalah hal baru bagi Xiaomi. Tentu saja karakternya akan berbeda dengan pasar teknis yang selama ini disasar mereka.

Para penikmat selfie tak terlalu cerewet soal spesifikasi. Mereka hanya menuntut kamera depan dengan hasil bagus. Yang menarik, pasar selfie juga tak terlalu menuntut harga murah.

OPPO F7 dijual seharga Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sementara Oppo F7 varian RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB dibanderol Rp 5,5 juta.

Varian terbaru vivo V9 True Red dijual dengan harga Rp 3.999.000. Sementara itu, Samsung malah mematok harga lebih mahal. Samsung Galaxy A8 dilepas seharga Rp 6,499 juta sedangkan A8+ dibanderol Rp 8,099 juta.

Coba bandingkan dengan Xiaomi Redmi S2 yang dipatok di harga Rp 2,3 juta. Dengan harga jauh di bawah kompetitor, Xiaomi tentu berharap meraih angka penjualan yang memuaskan. Meski demikian, godaan harga murah tak serta merta akan menggoyahkan para pecinta selfie mengingat karakter penikmat selfie yang telah KAmi sebutkan di atas.

Positioning sebagai produk 'pengganggu incumbent selfie' mungkin lebih layak disematkan pada Xiaomi Redmi S2. Kontinuitas lini S (selfie) dalam produk Xiaomi pun masih perlu diuji oleh waktu mengingat,- seperti disinggung di atas-, target prioritas Xiaomi adalah "well connected people" dan "budget-technical oriented people" dan bukan orang-orang yang mematut diri di depan kamera selfie.

Jadi, meski menjadi pemain penting di ranah teknis, sejatinya ponsel Xiaomi adalah pemain baru di ranah selfie. Dan mereka akan menghadapi tantangan berat dari kompetitor yang dengan kapital kuat sudah lebih dulu menancapkan kuku. Arief Burhanuddin

 

 

 

 

 

 

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 23 May 2018 08:36
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

https://t.co/Hm6N1tBtff sepakat bergabung dengan tiktok https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/KbHg1G8k2J
Ingat Snake? Yoi, game yang dulunya hadir di Nokia tersebut kini bisa dimainkan via Facebook! Check this… https://t.co/Or0HxJEsfN
Aplikasi https://t.co/Hm6N1tBtff dan TikTok Resmi Bergabung, selengkapnya di https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/l9HoJhX0kg
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Foto Foto Terbaru dan Paling Detil dari OPPO F5