Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang Featured

Awal tahun ini, aplikasi Android Device Manager telah berubah nama menjadi Find My Device. Meski demikian, fungsi dari aplikasi ini tidaklah berubah walau tampilannya mengalami banyak

pembaharuan.

Find My Device memudahkan Anda untuk melacak, mengunci, dan menghapus data pada smartphone yang hilang atau dicuri. Anda juga dapat melihat berapa sisa baterai smartphone dan juga koneksi Wi-Fi yang sedang digunakan.

Selain perubahan nama, Find My Phone sekarang juga menjadi bagian dari Google Play Protect, yaitu layanan yang didesain untuk melindungi smartphone Anda dari konten-konten yang mencurigakan.

Google juga memanfaatkan mesin pembelajarnya (machine learning) untuk memindai dan memverifikasi aplikasi apa saja yang terinstal di smartphone. Meski fitur verifikasi ini sudah ada sejak zaman sistem operasi Jelly Bean, namun kini pengoperasiannya lebih mudah dan lebih transparan dilihat oleh pengguna.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai aplikasi Find My Device dan bagaimana Anda dapat menggunakan serta melakukan pengaturan di smartphone.

Apakah smartphone Saya kompatibel dengan aplikasi Find My Device?

Selama smartphone Anda memiliki sistem operasi Android yang setara dengan Android Ice Cream 4.0 atau yang lebih tinggi, maka aplikasi Find My Device bisa diinstal di smartphone Anda.

Bagaimana cara menginstal aplikasi Find My Device?

 

Mudah saja. Masuklah ke aplikasi Play Store, kemudian masuk ke kolom pencarian (seacrh) kemudian ketik "Find My Device"
1. Buka Play Store
2. Temukan aplikasi "Find My Device" seperti dalam gambar
3. Klik aplikasi yang sudah ditemukan kemudian pilih install

Bagaimana cara sign in (masuk) ke aplikasi Find My Device?

Setelah melakukan instalasi, Anda perlu melakukan login atau sign ini ke aplikasi Find My Device dengan menggunakan akun Google.
1. Buka "Find Device" dari homescreen
Pilih akun Google yang hendak Anda gunakan di layanan ini
3. Tekan tombol "Continue as"
4. Masukkan password akun Google
5. Tekan sign ini
6. berikan akses lokasi (location acces) pada layanan ini

Bagaimana mengetahui jika smartphone Saya dapat dicari dengan menggunakan aplikasi Find My Device?

 

Sekali Anda melakukan sign in di aplikasi Find My Device, Anda akan melihat peta yang memuat posisi smartphone Anda saat ini, termasuk informasi mengenai merek dan modelnya. Juga akan muncul dua opsi yaitu Play Sound (membunyikan suara), dan Enable Lock & Erase (mengaktifkan penguncian perangkat dan penghapusan data). Memilih opsi teakhir akan mengaktifkan penguncian dan penghapusan data di perangkat.

Jika Anda memiliki Aplikasi Find My Device dengan akun yang sama di banyak perangkat, maka Anda bisa memilih smartphone mana yang hendak Anda lacak melalui info model dan merek yang tertera di layar.

1. Buka Finf My Device
2. Pilih smartphone Anda dari daftar yang tertampil di layar
3. Lihat apakah smartphone Anda dalam posisi discoverable atau dapat dilacak.

Jika Anda tidak dapat menemukan smarphone atau katakanlah perangkat Anda tidak tersedia, hal ini menunjukkan bahwa layanan lokasi (GPS) di smartphone sedang dinonaktifkan. Cara kerja Find My Device bergantung pada aktifnya fitur GPS sehingga dapat melacak lokasi smartphone Anda, jadi pastikan bahwa layanan lokasi di smartphone Anda dalam keadaan aktif.
1. Buka menu setting
2. Tekan menu location
3. Beri tanda centang (posisi on) pada opsi enable location services

Bagaimana mengetahui lokasi Anda melalui komputer?

 

Jika Anda kehilangan smartphone, Anda bisa mengetahui lokasinye melalui layanan Find My Device dalam bentuk website. Anda perlu melakukan sign in ke akun Google yang sama dengan yang dipakai untuk melakukan seting aplikasi Find My Device di smartphone Anda.

1. Buka browser (bisa di PCmaupun browser mobile, sebagai contoh, kami menggunakanbrowser mobile seperti gambar di atas), kemudian masuk ke alamat Find My Device di https://www.google.com/android/find
2. Sign in ke akun Google Anda
3. Cek apakah jika smartphone Anda muncul di daftar atau tertera lokasinya

Bagaimana Membunyikan Ringtone Smartphone dengan Find My Device?

Bagian terbaik dari Find My Device adalah kemudahannya. Jika Anda ingin mencari dimana smartphone Anda berada, tinggal login melalui web atau melalui smartphone lain. Sekali Anda melakukannya dan menemukan lokasi perangkat, pilih opsi Play Sound. Hal ini akan mengaktifkan suara ringtone di smartphone dengan volume full selama lime menit, meskipun smartpphoen Anda dalam mode silent atau diam. Jika smartphoen Anda sudah ditemukan, maka Anda bisa memencet tombol power untuk menghentikan bunyinya.

Mengunci smartphone dengan Find My Device

   

Ada opsi lock atau kuncian yang bisa Anda gunakan, diikuti dengan opsi untuk mengatur password agar nanti Anda dapat membuka kunci atau unlock.Anda juga dapat menampilkan pesan di lockscreen dan menambahkan tombol call ke nomor yang Anda tentukan supaya orang yang menemukan dapat menghubungi Anda.
1. Cari lokasi smartphone Anda memakai Find My Device
2. Pilih Lock
3. Masuk ke opsi message dan phone number dan kemudian tekan tombol lock

Menghapus Data Smartphone

Jika Anda sudah begitu putus asa karena smartphone Anda terlihat jauh dari jangkauan dan tidak ada cara untuk mendapatkannnya kelmbali, maka Anda bisa memilih opsi untuk menghapus data secara remote. Layanan ini juga dapat menghapus data dari SD card yang tertanam di smartphone. Meski demikian, terkadang data di SD card tidak dapat dihapuis, tergantung dari merek dan jenisnya. Meskipun smartphone dalam keadaan mati, namun jika Anda mengaktifkan opsi ini, maka opsi untuk melakukan factory reset (reset keseluruhan) tetap akan berjalan saat smartphone dihidupkan
1. Tentukan smartphone Anda di aplikasi Find My Device atau di browser
2. Tekan tombol erase
3. Konfirmasikan kembali dengan menekan tombol erase

 Nah, kini Anda telah siap 'kehilangan' smartphone dalam artian, Anda bisa melacak kapanpun dan dimanapun smartphone Anda berada dengan aplikasi Find My Device. Selamat mencoba!

 

 Sumber: Android Central

 

 

 

 

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Saturday, 05 May 2018 19:42

2 comments

  • aku
    Comment Link aku Wednesday, 11 July 2018 15:30

    Kalo kita pakia Find my Device trus hp kita lock, dia ngga akan bisa ngereset

  • Alisya Adilla
    Comment Link Alisya Adilla Saturday, 23 June 2018 16:30

    Maaf saya mau nanya, hp saya kan di curi lalu saya lock pake app Find My Device, lalu jika si pencuri mereset hp tersebut apakah masih berlaku sandi yang saya berikan??

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Instagram Perkenalkan 3 Fitur Baru untuk Keamanan dan Autentifikasi, apa saja? simak di sini https://t.co/nZh3lPphbZ https://t.co/LdML0AanwA
Jelang Peluncuran V11 Pro, Vivo Kembali Gandeng Agnez Mo, silakan baca di https://t.co/WX4dXa0NJv https://t.co/5QPA0WnQ8F
Huawei Y9 2018 Usung 4 Kamera, Mulai Dijual 3 September https://t.co/vQzLmanMoN
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Snapdragon Guide: Memilih Smartphone Berdasar Karakter Chipset

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa