Membedakan Layar LTPS LCD, IPS LCD dan AMOLED

Para pabrikan ponsel punya beberapa pilihan layar untuk diaplikasikan di smartphone buatannya. Ada jenis layar AMOLED, IPS LCD, dan ada juga jenis layar LTPS LCD seperti yang dipakai oleh smartphone debutan Nokia 2. 

Tentu konsumen ingin mendapatkan informasi apa perbedaan ketiga layar tersebut, teknologi yang diusung, serta keunggulan yang ditawarkan oleh masing-masing jenis layar. Istilah-istilah di atas mungkin terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah untuk dimengerti. Mari kita mulai.

Display LCD

Teknologi LCD dikenal seiring dengan munculnya era layar tipis, yang memungkinkan untuk dipasangkan dalam form factor sebuah smartphone. Layar LCD lebih hemat daya dan bekerja dengan prinsip pemblokiran cahaya. Bahan kristal cair yang ada di unit display menggunakan semacam cahaya latar, biasanya berupa cahaya latar dari LED atau reflektor, untuk membuat gambar terlihat oleh pemakainya. Ada dua jenis unit LCD yaitu LCD pasif matrik yang membutuhkan lebih banyak daya dan LCD matrik aktif superior yang sering disebut sebagai Thin Film Transsistor (TFT) yang lebih hemat daya.

Display LCD IPS

Teknologi LCD tahap awal memiliki kelemahan, yaitu tidak mampu mempertahankan konfigurasi warna untuk saat penayangan dengan sudut lebar. Hal ini kemudian mendorong manufaktur untuk mengembangkan panel In-Plane Switching (IPS) LCD. Panel IPS mengatur dan mengalihkan orientasi molekul kristal cair pada layar LCD standar di antara substrat kaca.

Hal ini membantu melebarkan sudut pandang dan memperbaiki reproduksi warna menjadi lebih baik. Teknologi LCD IPS bertanggung jawab dalam percepatan pertumbuhan pasar smartphone dan teknologi ini dipakai oleh produsen-produsen smartphone terkemuka.

Layar LCD standar menggunakan silikon amorphous (memiliki bentuk yang berubah-ubah) sebagai cairan untuk unit display. Dipilihnya bahan ini karena bisa diterapkan pada sirkuit arus tinggi yang kompleks. Namun hal tersebut berakibat adanya pembatasan resolusi tampilan dan naiknya suhu perangkat.

Pengembangan selanjutnya kemudian menuntun pada penggantian bahan silikon amorphous menjadi silikon polycrystalline. Bahan baru ini meningkatkan resolusi layar dan dapat emmpertahankan suhu pernagkat agar tetap rendah. Semakin besar dan seragam ukuran poli silikon, maka pergerakan elektron menjadi semakin cepat, hal ini menghasilkan resolusi layar dan refresh rate yang lebih tinggi.

Selain itu, biaya produksinya menjadi lebih rendah karena beberapa substrat utamanya harganya lebih murah. Oleh karena itu, layar LCD Low-Temperature PolySilicon (LTPS) atau PolySilicon suhu rendah membantu memberikan kepadatan piksel yang lebih besar, dengan konsumsi daya yang rendah dari LCD standar serta rentang suhu terkontrol. Salah satu smartphone yang menggunakan layar jenis ini adalah Nokia 2 yang baru-baru ini diluncurkan.

Layar AMOLED

Teknologi layar AMOLED menggunakan pendekatan yang sama sekali ebrbeda. AMOLED tidak menggunakan mekanisme cairan atau struktur grid yang kompleks. Panel layarnya menggunakan serangkaian LED kecil yang ditempatkan pada modul TFT. LED ini memiliki konstruksi organik yang secara langsung memancarkan cahaya sekaligus meminimalkan kehilangan cahaya dengan cara menghapus filter tertentu.

Karena LED secara fisik terdiri dari unit-unit yang ebrbeda, maka mereka dapat diminta untuk menghidupkan dan mematikan unit sesuai kebutuhan layar dalam membentuk citra atau gambar. Teknologi ini dikenal dengan sistem Matrix aktif (Active Matric System).

Oleh karena itu, layar AMOLED (yang merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dapat menghasilkan warna hitam yang lebih dalam dengan mematikan piksel LED individual, sehingga dapat menghasilkan gambar dengan kontras yang tinggi. (AB/berbagai sumber)

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Tuesday, 05 June 2018 10:40
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

ternyata gaming cuma 2,4 persen https://t.co/xOPEuET4LJ #technologywithinsight @Telkomsel https://t.co/EXm8dEX1mO
Ole Ole! Pelanggan Telkomsel Bisa Nonton Siaram Langsung Piala Dunia dengan paket MAXstream https://t.co/crhjMRsyIa @Telkomsel
Asus ROG Phone ini memang smartphone buat sultan https://t.co/8HScypzOQ7 #ROGPhone https://t.co/tlEPgFRdUn
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Rumor Redmi Note 5: Akhirnya Xiaomi Ikuti Jejak Oppo dan Vivo

Detil Lengkap Xiaomi Redmi 5 :  Foto, Spesifikasi, Varian, dan Harga

Foto Foto Terbaru dan Paling Detil dari OPPO F5

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa