Mengenal OZO Audio dan Bothie: Dua Fitur Unggulan Nokia 8 Featured

Nokia 8 resmi diluncurkan hari ini (13/2). Smartphone flagship pertama Nokia ini mengusung segudang fitur mumpuni seperti penggunaan chipset papan atas Snapdragon 835, kamera ganda 13 megapiksel dengam lensa Carls Zeiss, serta bodi full aluminium menjadikannya sebagai salah satu smartphone yang diperhitungkan di awal 2018 ini.

Dua fitur menarik diusung oleh Nokia yaitu OZO Audio dan 'Bothie." Satunya merupakan fitur audio, dan satu lagi memanfaatkan kemampuan kamera. Lalu mengapa Nokia 8 'pede' dengan kedua fitur tersebut?

OZO Audio

OZO audio merupakan salah satu senjata yang dipersiapkan oleh Nokia khususnya dalam menghadapi tantangan teknologi virtual reality. Dari informasi yang beredar, OZO audio akan menjadi standar bagi sebagaian besar smartphone Nokia di masa mendatang.

Lalu, apa kelebihan OZO audio?

Merekam suara sebenarnya pekerjaan yang mudah, namun teknologi rekaman biasa hanya menangkap suara secara datar, dalam track satu dimensi. Suara dalam lingkungan yang nyata, bagaimanapun bersinergi dengan ruang dan waktu. Tidak hanya datang dari arah yang berbeda-beda dalam lingkungan 360 derajat, beberapa suara juga tiba lebih cepat ke telinga kita dibanding yang lain.

Biasanya, menangkap audio spasial (audio dengan efek meruang) 360 derajat membutuhkan peralatan khusus. Namun dengan teknologi OZO Audio, Nokia menjanjikan bahwa Anda tidak akan membutuhkan perangkat yang lebih rumit dan mahal.

Smartphone Nokia 8 yang dilengkapi dengan teknologi OZO audio ini dapat menangkap audio secara 3D. Dengan berbekal 3 mikropon, Nokia 8 dengan OZO Audio dapat menangkap audio spasial 360 derajat.

Jika Anda masih sulit membayangkan seperti apa hasil rekaman dan tayangan video audio menggunakan teknologi OZO audio ini, silakan simak video di bawah ini dengan menggunakan headset.

 

Dalam video di atas, Nokia mencoba untuk membandingkan suara yang direkam oleh smartphone terkemuka yang tidak disebutkan namanya, dengan smartphone Nokia yang menggunakan teknologi OZO audio.

Hasilnya, suara yang direkam oleh smartphone tanpa teknologi OZO terdengar datar dan tidak berdimensi. Sedangkan suara yang dihasilkan oleh smartphone Nokia yang menggunakan teknologi OZO terdengar lebih dimensional. Anda seperti berada langsung di studio music. Setiap kamera bergerak mendekati seorang pemian, maka instrument yang ia mainkan terdengar lebih dekat dibanding instrument lainnya.

Di bagian lain video, Anda akan mendapatkan sebuah adegan dimana para skateboarder sedang melakukan aksinya di sebuah venue. Suara gesekan papan skateboard terdengar lebih nyata dan lebih jernih. Dengan mata terpejampun, Anda akan tahu posisi skateboarder, apakah sedang ada di dekat layar, ataupun sedang berada di bagain yang lebih jauh, sedang diam, atau bergerak menjauh, atau mendekati.

Bothie

Nokia 8 dibekali dengan dua kamera beresolusi 13 megapiksel di bagian belakang dan kamera selfie 13MP. Keduanya dikembangkan dengan menggandeng Zeiss, manufaktur lensa terkemuka yang telah memiliki kerjasama cukup panjang dengan Nokia.

Tak hanya mengunggulkan kehandalan kameranya, Nokia 8 juga memperkenalkan fitur menarik yaitu 'Bothie'. Istilah ini kemungkinan berasal dari dua kata 'both' dan 'photo'.

Jika Anda telah familiar dengan istilah selfie yang mengandalkan kamera depan untuk memotret wajah dan latar belakangnya, maka Bothie ini bisa memotret dan merekam menggunakan kamera depan dan belakangs sekaligus. Jadi, Anda bisa megambil obyek di depan dan belakang Anda dalam satu frame.

Bothie juga bisa digunakan untuk melakukan video siaran langsung atau live video dan bisa terintegrasi dengan platform sosial media seperti Facebook Live dan aplikasi messaging.

Skema seperti apa yang bisa diabadikan dengan fitur Bothie ini?

Anda yang penggila bola dan ingin berbagai atmosfer saat menonton pertandingan langsung di stadion mungkin bisa menggunakan Bothie. Satu sisi akan memperlihatkan ekspresi wajah Anda, sisi lain bisa menayangkan suasana pertandingan di lapangan.

Atau...Anda ingin memperlihatkan kemesraan bersama pasangan saat makan malam? Anda bisa merekam wajah pasangan Anda dan wajah Anda sendiri sambil berbagi momen-moemn indah di media sosial.

Berbagi momen bersama si kecil, atau saat berpesta bersama teman, bercengkerama dengan binatang kesayangan, hingga melakukan live vlogging dua sisi kini dimungkinkan juga dengan fitur bothie ini.
"Less abaout selfie, more about bothie," demikian ujar petinggi HMD.

 

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 27 August 2018 07:51
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Instagram Perkenalkan 3 Fitur Baru untuk Keamanan dan Autentifikasi, apa saja? simak di sini https://t.co/nZh3lPphbZ https://t.co/LdML0AanwA
Jelang Peluncuran V11 Pro, Vivo Kembali Gandeng Agnez Mo, silakan baca di https://t.co/WX4dXa0NJv https://t.co/5QPA0WnQ8F
Huawei Y9 2018 Usung 4 Kamera, Mulai Dijual 3 September https://t.co/vQzLmanMoN
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Snapdragon Guide: Memilih Smartphone Berdasar Karakter Chipset