Suka Selfie? Wajah Anda Bisa dengan Mudah Muncul di Video Mesum!

Seseorang telah menggunakan wajah Gal Gadot dalam sebuah video mesum dengan menggunakan algoritma tertentu. Hal ini bisa berdampak luas dan mengerikan.

Video 'Gal Gadot' jadi-jadian tersebut dibuat dengan menggunakan teknologi algoritma machine learning, memakai material yang mudah diakses dan bersifat open source yang memmungkinkan seseorang dengan kemampuan memahami algoritma bisa menggunakannnya.

Videonya sendiri tak terlalu sempurna, masih ada beberapa bagian dimana wajah Gal Gadot tidak berada di 'tempat semestinya', dan juga gestur-gestur yang kurang natural. Bisa dimaklumi karena video tersebut digarap bukan oleh seorang videografer profesional. =seorang pengguna reddit dengan nama 'deepfakes'.

Deepfakes sendiri menggunakan tool machine learning open source seperti TensorFlow dimana Google meneydiakannya secara gratis untuk peneliti, pelajar, atau siapapun yang tertarik dengan machine learning.

Software seperti Voco bisa membuat seseorang terlihat sedang berbicara hanya dengan menegtikkan teks pada perangkat lunak besutan Adobe tersebut. Algoritma milik aplikasi FAce2FAce bahkan bisa mengganti wajah yang ada di sebuah video dengan wajah yang direkam secara real time.

Kemunculan video mesum dengan pemeran 'editan' ini menunjukkan bahwa saat ini kita hidup di dunia dimana kita bisa dengan mudah membuat video kegiatan dari orang-orang yang bahkan belum pernah melakukannya.

Selain mengganti wajah yang ada di videonya dengan Gal Gadot, pemeran "Wonder Woman" nan cantik itu, Deepfakes juga diketahui memposting video dengan menempelkan wajah-wajah selebriti terkemuka lainnya seperti Scarlett Johansson, Maisie Williams, Taylor Swift, Aubrey Plaza, di situs jejaring sosial Reddit.

Deepfakes mengaku menggunakan perangkat lunak berbasis library open source seperti Keras dan TensorFlow. Untuk mengumpulkan wajah selebriti, ia menggunakan Google Image Search, stok foto, dan video Youtube. Ia kemudian menentukan node atau titik-titik yang saling berhubungan di wajah Gal Gadot. Setelahnya, ia 'melatih' algoritma yang ada di videonya untuk bersinergi dengan titik-titik di wajah Gal Gadot. Selanjutnya, titik-titik tersebut akan bergerak sendiri menyesuaikan dengan videonya.

Peneliti kecerdasan buatan, Alex Champandard dalam korespondensi email dengan situs Vice mengatakan bahwa dengan kartu grafis kelas konsumen yang layak, proses efek video ini bisa memakan waktu berjam-jam. Bisa juga dengan menggunakan CPU biasa, namun prosesnya bisa memakan waktu berhari-haribeberapa hari.

"Ini bukan lagi ilmu roket (ilmu yang sulit:red)," kata Champandard.

Mudahnya orang untuk melakukan hal seperti yang dilakukan oleh Deepfakes tentu sangat menakutkan. Selain soal teknis, yang diperlukan seseorang hanyalah emmiliki cukup stok foto wajah Anda dan secara tak sengaja, kita sendiri sering meneydiakan data tersebut.

Sebagai contoh, data menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia mengunggah sekitar 24 miliar foto selfienya ke layanan Google Photo pada tahun 2015 hingga 2016. Tidak sulit membayangkan pemrogram amatir menjalankan algoritme mereka sendiri untuk membuat rekaman video seseorang yang ingin ia bully atau lecehkan.

Sumber: Vice

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 10 January 2018 22:30

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

https://t.co/Hm6N1tBtff sepakat bergabung dengan tiktok https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/KbHg1G8k2J
Ingat Snake? Yoi, game yang dulunya hadir di Nokia tersebut kini bisa dimainkan via Facebook! Check this… https://t.co/Or0HxJEsfN
Aplikasi https://t.co/Hm6N1tBtff dan TikTok Resmi Bergabung, selengkapnya di https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/l9HoJhX0kg
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Foto Foto Terbaru dan Paling Detil dari OPPO F5