Melihat Upaya Oprah dan Taylor Swift Menjinakkan Ranjau di Morogoro Featured

Melihat Upaya Oprah dan Taylor Swift Menjinakkan Ranjau di Morogoro APOPO

Rerumputan masih terasa lembab sementara matahari mulai mengintip di puncak Gunung Uluguru. Belum genap Jam 7 pagi di Morogoro, Tanzania namun Oprah, Malala, Taylor Swift dan rekan-rekan lainnya sudah mulai bekerja dengan

giat.

Mereka adalah pahlawan, -dalam arti yang sebenarnya-, yang telah menyelamatkan ribuan nyawa rakyat Tanzania. Tikus-tikus (ya, tikus!) raksasa Afrika yang diberi nama seperti selebriti atau orang-orang terkenal itu telah dilatih selama 9 bulan untuk dapat mengendus ranjau yang banyak terdapat di kawasan Morogoro. Mereka bukan tikus kotor yang berkeliaran di saluran air dengan bau busuk, melainkan tikus yang dilatih di laboratorium. Selain dapat mendeteksi ranjau, mereka juga dapat mengendus sampel yang mengandung kuman tuberkulosis atau TBC.

Adalah APOPO, organisasi non profit yang menginisiasi program pemberdayaan tikus raksasa Afrika. Sejak tahun 1997, mereka sudah bekerja dengan tikus-tikus Afrika ini. Salah satu alasan mereka menggunakan binatang tikus adalah karena badannya yang tak terlalu berat sehingga ranjau tidak akan meledak jika terinjak olehnya.

Metode yang diterapkan layaknya seperti melatih manusia, sabar dan terus menerus. Sementara tikus-tikus raksasa sendiri, antusias mengikuti program tersebut.

Setelah melalui program pelatihan dan penggemukan (biasanya berat tubuh tikus akan bertambah beberapa pound), mereka diberi harness (tali pengikat) layaknya anjing pelacak dan akan diajak untuk berjalan di sekitar area yang telah ditandai dan mulai mendeteksi apakah di tanah tersebut terdapat sisa ranjau. Pendamping dari APOPO kemudian menggunakan semacam clicker untuk menandai temuan sang tikus. Jika pekerjaannya bagus, tikus-tikus tersebut akan mendapatkan hadiah berupa kacang atau pisang yang lezat.

Hingga saat ini, tercatat sudah 22 juta meter persegi lahan yang terbebas dari ranjau karena jasa tikus-tikus raksasa ini. 19.000 ranjau telah ditemukan dan dinonaktifkan dan 82,000 lagi barang seperti bom dan senjata berhasil ditemukan dan dimusnahkan.

Sumber : Yahoo

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 13 December 2017 04:15

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

https://t.co/Hm6N1tBtff sepakat bergabung dengan tiktok https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/KbHg1G8k2J
Ingat Snake? Yoi, game yang dulunya hadir di Nokia tersebut kini bisa dimainkan via Facebook! Check this… https://t.co/Or0HxJEsfN
Aplikasi https://t.co/Hm6N1tBtff dan TikTok Resmi Bergabung, selengkapnya di https://t.co/fRfmeC3Xqe https://t.co/l9HoJhX0kg
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Xiaomi Mi7: Rumor Jadwal Rilis, Harga dan Spesifikasi

Panduan Lengkap Find My Device: Lacak dan Temukan Lokasi Ponsel yang Hilang

Panduan Chipset Kirin, Prosesor Smartphone Besutan Huawei

Xiaomi Redmi Note 5: Rumor Spek dan Harga Sejauh Ini

Mudahnya Menemukan Stiker 'Begituan' di Telegram

Note8 Punya S Pen yang Bisa Terjemahkan 71 Bahasa

Foto Foto Terbaru dan Paling Detil dari OPPO F5